Social

Recent Posts

Random Post

Name

your name

Email *

Your Email

Message *

your message

Random Post

Pages

Pages

Recent Posts

Popular Posts

/ , / Ini Jumpa Pers, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) KK Malang-Surabaya

Ini Jumpa Pers, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) KK Malang-Surabaya

Stop kekerasan di Tanah Papua. Foto stef.
STOP KEKERASAN APARAT DI DOGIYAI DAN HENTIKAN JERATAN PASAL MAKAR TERHADAP 6 AKTIVISWEST PAPUA

JATIM, ZONAPAPUA - Kekerasan di Papua dari tahun ketahun terus terjadi, kehadiran aparat di tanah papua hanya menciptakan ketidaknyamanan bagi rakyat West Papua. Operasi-operasi terus dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri, operasi SADAR 1965-1967, Operasi Brathayudha 1967, Operasi Wibawa 1969, Operasi Militer 1 Jayawijaya 1977, Operasi Sapu Bersih I dan II 1981, Operasi SapuTumpas 1985, Operasi Militer di Mapenduma 1996, dan Operasi Operasi tersembunyi lainnya di Papua di Meeuwodide.

Sejak bulan September 2016 Tim Gabungan Giat Operasi Mantap Praja GOMPRA sudah aktif melakukan Sweeping di atas Jembatan Kali Tuka Moanemani Distrik Kamuu kabupaten Dogiyai.

Tim Gabungan tersebut dikirim dari Kepolisian Daerah Papua (POLDA Papua) untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Dogiyai dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah

Tim Gabungan GOMPRA yang diutus POLDA Papua, skdi sweeping yang di lakuakan oleh tim gabungan di Kabupaten Dogiyai dinilai tidak berkaitan dengan Penertiban PILKADA sama sekali.

1.  Aksi Sweeping Yang Dijalankan Tim Gabungan GOMPRA.

a.  Sweeping AlatTajam
Selama lima bulan, setiap pagi mulai pukul 07:00 – 09:30 diatas Jembatan Kali Tuka Tim Gabungan aktif memeriksa segala bentuk Alat Tajam terhadap masyarakat dan Aparat Sipil Negara (ASN) yang berpakaian dinas sekalipun. Bentuk pemeriksaan yang dilakukan oleh tim gabungan adalah mereka menyuruh masyarakat untuk membuka Tas, Noken, Saku Baju, Celana, Jok Motor dan Mobil lalu mengambil semua alat tajam yang ada. Alat Tajam yang diperiksa seperti Silet, Cuter, Pisau, Parang, Sabit, Kampak, Kartapel dan Anak Panah.
b.  Sweeping Atribut Papua Merdeka
Selain Tim Gabungan Giat Operasi Mantap Praja melakukan sweeping alat tajam, mereka juga melakukan pemeriksaan Handphone dan Laptop. Bila dalam Handphone dan Laktop itu kedapatan Gambar BintangFajar/Kejora, Edit-Editan Bintang Kejora, Lagu-Lagu Papua, Berita Berita  Papua, Video tentang Papua, Foto berbaur Papua, masyarakat yang selalu mengenakan pakaian tentang Papua, Tokoh Papua, dll semuanya ini disita habis-habisan dan dipukul
c.  Sweeping Aktivis Ham
Bagian yang ketiga tentang aktivis HAM ini tidak hanya saat sweeping tetapi setiap hari dan dimana mereka berada selalu mereka kejar sehingga selalu ruang gerak bagi Aktivis HAM di Dogiyai dipersempit. Hukum untuk Hidup bebas dan ruang untuk berekpresi bebas dimuka public atau masyarakat sangat tertutup mati sehingga Dogiyai saat ini seakan hidup dalam Orde Lama dan Orde Baru.

d.  Sweeping Rambut Gimbal
Sweeping yang ke empat ini merasa aneh tetapi nyata dalam hidupnya bahwa dalam sweepingnya kedapatan masyarakat yang kumisnya panjang dan rambutnya Gimbal ditahan dan di interogasi Polisi dan Brimob. Jika ada balasan dari masyarakat berarti dipukul babak belur hingga darah keluar bahkan hilangnya nyawa

e.  Sweeping Uang
Pasar Utama di kabupaten Dogiyai itu terletak di  Moanemani sehingga pusat pembelanjaan itu juga terjadi di Pasar Moanemani. Semua transaksi barang ini harus menggunakan Uang untuk membeli barang. Masyarakat yang dating ke Pasar Moanemani mereka harus membawa Uang dalam dompet mereka agar pulang membawa dengan hasil belanjaan, tetapi Polisi dan Brimob di Dogiyai ini sangat Aneh benar. Semua uang yang dibawa masyarakat untuk belanja barang itupun diambil Tim Gabungan Giat Operasi Mantap Praja di Dogiyai.

f.   Sweeping Orang Mabuk
Tahun 2016 merupakan Tahun Korban Minuman Keras (Miras) disetiap minggu oleh Minuman Alkohol Oplosan. Penjual Minuman Alkohol Oplosan tersebut dilindungi mati oleh Polisi dan Brimob yang bertugas di Dogiyai, sementara pemuda pemuda Asli Dogiyai yang mengkomsumsi minuman keras ditembaki mati di tempat seolah-olah pemuda pemuda asli di Dogiyai ini binatang.  Dalam tahun 2017 bulan pertama saja sudah puluhan Pemuda Asli Dogiyai yang mengkomsumsi Minuman Keras Beralkohol ditembakmati dan dipukul babak belur dijalan.

Di lihat dari bentuk-bentuk Aksi sweeping tersebut bukan menciptakan suasana yang aman bagi masyarakat tetapi mala mengorbankan rakyat dari harta benda sampai penghilangan nyawa manusia

Korban yang meninggal :

Pertama: Melkias Dogomousai ditahan polisi. Ia ditahan sel tahanan Mapolsek  di Moanemani, Dogiyai 23 Desember 2016 lalu. Selama  di tahan beberapa jam di Polsek Moanemani,  Polisi sempat siksa bahkan memasukkan pangkal senjata tempat keluar peluru ke dalam mulutnya. Sore harinya dia dipulangkan kerumah. Sampai di rumah, Melkias Dogomo jatuh sakit hingga meninggal 7 Januari lalu.

Kedua: Otis Pekei disiksa polisi, Selasa (10/01/2016) mulai dari Kali Tuka hingga tiba di Polsek Moanemani. Saat itu, Otis Pekei sedang menuju ke Nabire. Namun, ia di tahan di Jembatan Kali Tuka. Pekei disiksa selama ditahan. Pekei dikeluarkan dari Mapolsek Moanemani dalam keadaan tak bernyawa sekitar pukul 15.00 WIT dan dikembalikan kekeluarganya.

Korban Luka 10 Januari 2017

1. Hendrik Bobi Mahasiswa UNIPA (bibir pecah)
2. Neles Adii (luka sobek di kepala)
3. PigaiMabii (luka lebam di mata)

Nama Korban jumat20/01/2017

1. Nolasius Douw      (
Bibir picah)

2. FerdinanTebai     (
Pelipis Mata, Kepala, dan Mukanya Bocor)

3. Deserius HJ Goo   
(Kepala bocor, pelipis )

4. Diakon Alexs Pigai (Dahi pica luka-luka)

Kebebasan menyempaikan pendapat di muka umum adalah amanat konstitusi yang harus di jalankan secara bersama namun pada prakteknya sebagaimana kita lihat masih banyak pelanggaran dengan berbagai macam bentuknya, apa lagi rakyat West Papua. Terjadinya pelanggaran tersebut merupakan ceriminan dari kemunduran demokrasi.

Kebebasan menyampaikan pendapat oleh rakyat papua selalu mendapatkan tindakan kekerasan apalagi gerakan memperingati hari-hari besar di Papua maupun diluar Papua pasti saja terjadi pembubaran dan penangkapan, terjadinya penangkapan 6 aktivis papua saat melakukan aksi memperingati trikora pada 19 desember lalu, 6 orang tersebut aktivis KNPB di manado 4 orang di jayapura 2 orang, oleh karena itu kami dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) menyatakan sikap:
1.    Copot kapolsek nabire dan kapolsek Dogiyai
2.    Hapuskan pasal makar.
3.    Tarik pasukan gabungan dari Dogiyai
4.    Hentikan jeratan pasal makar terhadap 6 aktivis West Papua (Hiskia Meage, Eman Ukago, William Wim, Panus Hesegem, Hosea Yeimo, Ismail Alua).
5.    Tarik pasukan organic dan non organic dari seluruh tanah Papua
6.    Hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rak at dan bangsa Papua
7. Menuntut komnas HAM melakukan Investigasi untuk mengunkit kekerasan dan
8.    Buka kesempatan bagi jurnalis internasional untuk melakukan peliputan di Papua
9.    Stop kekerasan terhadap rakyat dan bangsa Papua

Demikian pernyataan sikap kami Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) KK Malang - Surabaya, Mengucapkan banyak terima kasih kepada kawan-kawan jurnalis serta  semua pihak yang berpatispasi dalam aksi massa

Malang, 26 Januari 2017.

Jubir 
( Wilson Nawipa )

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment