Social

Blog Archive

Recent Posts

Random Post

Name

your name

Email *

Your Email

Message *

your message

Random Post

Pages

Pages

Recent Posts

Popular Posts

/ , , , / Mengapa Belum Ada Data Pasti Berapa Jumlah Orang Asli Papua

Mengapa Belum Ada Data Pasti Berapa Jumlah Orang Asli Papua

Warga dari suku yang berada di Pegunungan Bintang Papua. (KabarPapua.co/Lazore)
JAYAPURA, ZONAPAPUA – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Heri Dosinaen mengakui sampai saat ini tak ada data pasti jumlah berapa banyak orang asli Papua (OAP).

“Kami tak miliki data secara lengkap dan valid soal jumlah OAP. Ini pekerjaan rumah pemerintah kabupaten kota untuk mendatanya,” katanya saat membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Papua, Selasa, 21 Maret 2017.

Menurut Heri, Gubernur Papua sudah menginstruksikan berkali-kali kepada pemerintah kabupaten kota untuk mendata jumlah penduduk dengan satu klasifikasi OAP. “Sangat disayangkan sampai dengan hari ini ketika bicara pada tingkat pertumbuhan, kami tak punya data berapa jumlah OAP per kabupaten dan kota,” jelasnya.

Tak adanya data jumlah OAP, kata Heri, jelas menjadi tantangan kedepan untuk mendidik masyarakat Papua agar bisa berdagang. “Saat ini sektor perdagangan di Papua dikuasi etnis tertentu,” jelasnya.

Sementara Kepala Disperindag Papua, Max Olua mengakui pihaknya tak punya data base yang valid terkait industri-industri kecil atau UKM di Papua. “Data ini sangat penting karena data itu kami berpijak merumuskan kebijakan daerah. Kami harus memiliki data pasti,” jelasnya. (KABARPAPUA.CO)

about author

Blogger Sens it website about blogger templates and blogger widgets you can find us on social media
Previous Post :Go to tne previous Post
Next Post:Go to tne Next Post

No comments:

Post a Comment